Alhamdulillah ! Masuk Islam, Ronaldo Ganti Nama Jadi Khaerul Hafiz

Mediaone.id - Perubahan akan keyakinan terhadap Tuhan bisa saja terjadi pada siapapun, seperti yang dialami oleh salah satu warga Perumahan Erfina Kencana Regency Cibinong bernama Ronaldo Karol dengan resmi memilih memeluk Islam. Dia juga berganti nama jadi Khaerul Hafiz. Prosesi pengucapan dua kalimat syahadat dilakukan di Masjid Baitul Faidzin, Komplek Pemerintah Kabupaten Bogor, Jumat 21 Oktober 2018.

Pengucapan dua kalimat syahadat dipimpin Ketua MUI Kabupaten Bogor, KH Mukri Adjie dan disaksikan Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Asep Saefudin, Imam Besar Masjid Baitul Faidzin dan puluhan umat Islam.

"Mulai hari ini saudara Ronaldo Karol sudah beragama Islam dan namanya berganti menjadi Khaerul Hafiz," kata Mukri Adjie.

Mukri Adjie menjelaskan, perpindahan agama yang dilakukan Ronaldo tersebut tanpa paksaan dari pihak manapun.

"Ini bukti bahwa Islam tidak memaksakan dalam mensiarkan agama. Islam tidak menyebarluaskan agama dengan membagikan mi instan atau barang lain supaya orang yang sudah beragama memeluk agama Islam," ucap dia.

Mengenai pergantian nama ketika seseorang menjadi muallaf, zaman dulu Nabi Muhammad tidak mengubah semua nama orang yang menjadi muallaf. Seperti Dikutip dari konsultasisyariah.com

Selama nama itu tidak masalah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mengubahnya. Beliau hanya mengganti nama-nama yang bermasalah.

Karena terkadang orang jahiliyah menamakan anak mereka dengan bentuk penghambaan kepada selain Allah, seperti Abdul Uzza (hamba Uzza) atau Abdul Ka’bah (hamba Ka’bah). Atau nama-nama yang buruk lainnya.

Dan dalam sejarah, tidak semua sahabat yang masuk Islam, diubah namanya oleh Nabi Muhammad SAW. Selama nama itu tidak masalah, Rasulullah hanya mengganti nama-nama yang bermasalah.

Karena terkadang orang jahiliyah menamakan anak mereka dengan bentuk penghambaan kepada selain Allah, seperti Abdul Uzza (hamba Uzza) atau Abdul Ka’bah (hamba Ka’bah). Atau nama-nama yang buruk lainnya.

Berdasarkan HR Muslim, pada zaman Rasullah ada sahabat wanita yang namanya 'Ashiyah' artinya tukang maksiat. Kemudian setelah masuk Islam diganti namanya menjadi Jamilah yang artinya wanita cantik.

Sementara itu, dikutip dari namania.com, Ronaldo berasal dari bahasa Portugis, artinya Penguasa Bijak.

0 Response to " Alhamdulillah ! Masuk Islam, Ronaldo Ganti Nama Jadi Khaerul Hafiz"

close
disini bro
close
disini bro