Batu Raksasa Ini Dipercaya Sebagai Gumpalan Mentega Khrisna

Mediaone.id - Di Mahabalipuram, India ada sebuah batu raksasa yang sangat terkenal. Batu berbentuk bola ini kokoh berdiri di tengah tanah lapang. Berabad-abad sudah berlalu dan batu tersebut tak pernah tergelincir dari tempatnya berada.

Sebenarnya, bola raksasa ini cuma satu dari sekian banyak batu keseimbangan yang tersebar di berbagai belahan dunia. Keberadaannya pun bisa dijelaskan dengan sains. Kemungkinan besar, dulunya bola ini adalah batu yang jauh lebih besar dan mengalami korosi hingga menjadi seperti sekarang.

Namun penduduk lokal punya teori lain mengenai asal-usul bola batu tersebut. Keberadaan bola raksasa yang tak pernah bergeser dari tempatnya ini dikait-kaitkan dengan Krishna, titisan dewa Wisnu dalam mitologi India. Dilansir Atlas Obscura, karena itulah Vaan bola raksasa tersebut dinamai Vaan Irai Kal. Artinya batu sang dewa langit.


Menurut legenda, batu ini adalah gumpalan mentega yang dicuri oleh Krishna. Saat masih kecil, Krishna sangat suka menyantap mentega dan dia sering mencuri gumpalan mentega dari tempat penyimpanan milik ibunya. Suatu ketika, mentega yang dicurinya jatuh dan tergelincir sampai ke tempatnya berada sekarang. Setelah ribuan tahun, gumpalan mentega itu pun berubah menjadi bola batu raksasa.

Sekarang Vaan Irai Kal menjadi salah satu objek wisata populer di Mahabalipuram. Dan para turis punya nama yang lebih lucu untuknya, yaitu Bola Mentega Krishna.

Tak sedikit turis yang mencoba untuk menggulingkan batu tersebut. Tetapi sejauh ini belum ada yang berhasil melakukannya. Seperti dikutip dari laman merdeka.com 28/08 2016

0 Response to "Batu Raksasa Ini Dipercaya Sebagai Gumpalan Mentega Khrisna"

close
disini bro
close
disini bro