Mistery Toraja ! Penjaga Air Terjun Bercabang Tiga Mimiliki Panjang Rambut 9 Meter

Foto Indo' Talondo, penjaga air terjun bercabang tiga [newskareba]
MEDIAONE.ID - Mungkin anda belum pernah melihat orang dengan rambut sepanjang sembilan meter? Ini kami perkenalkan orangnya. Namanya Lai’ Bungan, usai sekitar 60 tahun. Sehari-hari, nenek ini biasa dipanggil Ne’ Sewa atau Indo’ Talondo.
Dipanggil Indo’ Talondo, karena nenek ini adalah generasi penerus penjaga air terjun bercabang tiga, Talondo Tallu Pakara, yang terletak di Buttu Pali, Lembang Balepe, Kecamatan Malimbong Balepe, sekitar 30 kilometer dari Kota Makale, Tana Toraja.
Keunikan air terjun ini karena memiliki tiga pancuran air yang berasal dari dua sungai, yakni Sungai Pekalian di sebelah kiri dan Sungai Rabung di sebelah kanan. Kedua sungai ini kemudian menyatu dan tercurah di air terjun Talondo Tallu Pakara. seperti diberitakan karebatoraja.com
Keunikan lainnya dari air terjun ini adalah di pinggir sebelah dalam dari kolam tersebut terdapat sebuah sumur yang dikelilingi oleh tebing curam yang menjadi dinding dari Kolam tersebut. Sumur tersebut berada tepat di bawah tempat jatuhnya air. Konon kabarnya sumur ini adalah tempat pemandian sang penunggu air terjun itu, yang tak lain adalah orang tua dari Indo’ Talondo. Untuk mencapai sumur tersebut, menurut cerita Indo’ Talondo, harus menggunakan semacam rakit yang terbuat dari tumbuhan gabus kecil, dalam bahasa Toraja disebut Tille.
Indo Talondo juga bercerita banyak kisah mistis yang terdapat di air terjun Talondo Tallu Pakara ini, antara lain air yang berasal dari air terjun ini diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan beberapa keunikan lainnya. Untuk berenang di kolam di bawah air terjun, mesti se-izin Indo’ Talondo.

0 Response to "Mistery Toraja ! Penjaga Air Terjun Bercabang Tiga Mimiliki Panjang Rambut 9 Meter"

close
disini bro
close
disini bro