Wao ! Ada Tongkonan Di Atas Bukit Kalimantan Timur


MEDIAONE.ID - Tongkonan adalah rumah adat Tana Toraja di Sulawesi Selatan. Tapi rupanya, Anda juga bisa melihat rumah adat yang atapnya berbentuk runcing tersebut di Sangatta, Kalimantan Timur. Bentuknya sama persis dan tak ada bedanya!

Sangatta merupakan ibukota Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Dikarenakan banyaknya orang Bugis Toraja yang menetap, maka dibuatlah suatu rumah adat Tana Toraja di wilayah perbukitan Sangatta.

Daerah Sangatta ini merupakan daerah pemekaran di pedalaman hutan Kalimantan, sejak dioperasikannya produksi tambang batubara PT Kaltim Prima Coal pada tahun 1990-an.

Penduduk yang menetap di daerah Sangatta ini terdiri dari suku Banjar (suku asli daerah kalimantan timur) dan sebagian besar merupakan pendatang dari Jawa, Sulawesi, dan sedikit orang Sumatra. Oleh karena itu, tak heran jika bahasa yang digunakan disini kebanyakan adalah bahasa Jawa dan Bugis dengan perpaduan sedikit bahasa Banjar.

Dikarenakan banyaknya orang Bugis Toraja yang menetap dan bekerja di PT Kaltim Prima Coal, maka dibuatlah suatu rumah adat Tana Toraja di wilayah perbukitan Sangatta, pada wilayah jalan menuju Tanjung bara.

Rumah adat yang disebut dengan Tongkonan ini dibuat semirip mungkin dengan yang ada di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini sangat mengagumkan, konstruksinya menggunakan kayu dan tanpa logam termasuk paku sedikit pun.

Rumah Adat Tongkonan ini sekilas mirip dengan rumah gadang dari daerah Minang dengan kedua ujung atap yang meruncing ke atas. Konon, filososfi atap ini berkaitan erat dengan hubungan kepada leluhur masyarakat Toraja yang mengarah ke utara.

Di samping rumah adat Tongkonan yang ada di Sangatta ini, terdapat patung kerbau yang konon dibuat untuk melambangkan bahwa masyarakat Toraja suka memelihara kerbau. Rumah panggung ini biasanya digunakan untuk rumah tinggal, kegiatan sosial, upacara adat, serta membina kekerabatan.  Sedangkan kolong di bawahnya digunakan untuk kandang kerbau.

Ornamen pada rumah adat ini sangatlah unik, yaitu terdiri dari warna merah, hitam, dan putih yang memepercantik tongkonan. Pada bagian pintu, tembok, jendela, dan bagian lainnya terdapat motif yang indah, halus, dan beragam yang terdapat pula ukiran bergambar kerbau.

Jika Anda belum sempat untuk datang langsung ke daerah Tana Toraja, mungkin bisa mencoba datang ke Sangatta, Kutai Timur. Inilah rumah adat Tana Toraja di tanah Kalimantan.[detik.com]

0 Response to "Wao ! Ada Tongkonan Di Atas Bukit Kalimantan Timur"

close
disini bro
close
disini bro