SUKU TORAJA

1.      Rumah Adat Toraja

Tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu. Kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. Bentuk atap rumah tongkonan melengkung dan dilapisi ijuk hitam. Ada yang mengatakan bentuknya seperti perahu telungkup atau tanduk kerbau.

2.      Pakaian Adat Toraja

Pakaian adat pria Toraja dikenal dengan Seppa Tallung Buku, berupa celana yang panjangnya sampai di lutut. Pakaian ini masih dilengkapi dengan asesoris lain, seperti kandaure, lipa', gayang dan sebagainya. Baju adat Toraja disebut Baju Pokko' untuk wanita. Baju Pokko' berupa baju dengan lengan yang pendek. Warna kuning, merah, dan putih adalah warna yang paling sering mendominasi pakaian adat Toraja. Baju adat Kandore yaitu baju adat Toraja yang berhiaskan Manik-manik yang menjadi penghias dada, gelang, ikat kepala dan ikat pinggang.

3.      Bahasa Toraja

Bahasa Toraja, adalah bahasa yang digunakan oleh suku Toraja yang tersebar di Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, dan Kabupaten Mamasa. Bahasa Toraja masih memiliki beberapa dialek di daerah Kabupaten Tana Toraja, yang dibagi atas tiga dialek, yaitu dialek Makale-Rantepao, dialek Saluputti-Bonggakaradeng, dan dialek Sillanan-Gandangbatu.

4.      Makanan Khas Toraja

Penggemar kopi tentulah mengenal kopi Toraja. Kopi terkenal yang dihasilkan Tana Toraja di di Sulawesi.  Kopi berjenis Arabika ini tumbuh di ketinggian dataran tinggi Sulawesi ini, menurut pecinta kopi dideskripsikan memiliki rasa yang berbobot dengan aroma tanah dan hutan. Sulit juga mengartikan ‘earthy’ ini, kalau dibilang rasanya mirip tanah, tentu tidak.

5.      Lagu Daerah Toraja

Judul: Marendeng marampa

“marendeng marampa’kadadianku…Dio padang di gente’toraya, lebukan Sulawesi. melombok, membuntu, mentanetena… nakabu’uma sia pa’lak,nasakkai salu sa’dan.Kami sang torayan,umba-umba padang ki olaimaparri’masussa kirampoitang kipoma banda penawaiamo passanan tengkoki,umpasundung rongko’ki.”

Arti:
Damai (dan) beruntung kelahiranku,Di negeri yang dinamakan Toraja, Pulau Sulawesi Yang bergunung, yang berlembah, yang berbukit-bukit,Diliputi sawah dan kebun, disejukkan oleh Sungai Sa’dan. Kami semua orang Toraja, Ke negeri manapun kami pergi, tetap kami ingat dalam hati. meski Susah derita kami jumpa, kami tidak berkeberatan hati. Itulah kewajiban kami menyempurnakan kejayaan kami.

6.      Tarian Adat Toraja

Tarian ini dilakukan oleh beberapa pria yang memakai kain adat maa’ dan menggunakan parang-parang antik dan ikat kepala yang terbuat dari bulu-bulu ayam.

0 Response to "SUKU TORAJA"

close
disini bro
close
disini bro