SUKU BUGIS

1.      Rumah Adat  Bugis

Rumah adat suku Bugis dapat di bedakan berdasarkan status sosial orang yang menempatinya, Rumah Saoraja (Sallasa) berarti rumah besar yang di tempati oleh keturunan raja (kaum bangsawan) dan bola adalah rumah yang di tempati oleh rakyat biasa.

2.      Pakaian Adat Bugis

Pakaian adat biasanya identik dengan pakaian pengantin suatu daerah. Pakaian pengantin pria dari Bugis-Makasar berupa baju jas model tertutup yang disebut baju bella dada .Bawahannya kain sarung songket yang disebut rope . Terdapat juga keris yang disebut tataroppeng  dan hiasan kepala bernama sigara . Sedangkan pengantin wanita memakai baju bodo  dan rope . Wah, namanya lucu ya? baju bodo,, hmm, mudah untuk diingat.Kemudian sanggul pengantin wanita berhiaskan kembang goyang dan ada perhiasan lainnya berupa kalung dan gelang panjang bersusun.

3.      Bahasa Bugis

Bahasa Bugis adalah salah satu dari rumpun bahasa Austronesia yang digunakan oleh etnik Bugis di Sulawesi Selatan, yang tersebar di sebagian Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru, Kota Parepare, Kabupaten Pinrang, sebahagian kabupaten Enrekang, sebahagian kabupaten Majene, Kabupaten Luwu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Wajo, Kabupaten Bone, Kabupaten Sinjai, sebagian Kabupaten Bulukumba, dan sebagian Kabupaten Bantaeng.

4.      Makanan Khas Bugis

Sepintas kue ini mirip dengan kue pukis atau sagu rangi. Rasanya gurih, manis dan legit karena ada campuran kelapa parut dan juga gula merahnya. Sayangnya, kue legit enak ini sudah jarang sekali dijumpai. Jika Anda pernah berkunjung ke kota Makasar, mungkin kue tradisional ini pernah Anda cicipi. Kue Dange pulubollong ini merupakan salah satu jajanan tradisional khas masyarakat Bugis. Penjualnya banyak sekali dijumpai di daerah pangkep "deket kota ane Gan.. Barru"

5.      Lagu Daerah Bugis

Dua bulu' samanna mat tettongeng, Indo' Logo
Dua bulu' samanna mat tettongeng, Indo' Logo
Kegasi samanna rionroi, ala rionroi
Palla bu' sengereng
Palla bu' sengereng
Sengeremmu samanna pada bulu', Indo' Logo
Sengeremmu samanna pada bulu', Indo' Logo
Adammu samanna silappae, ala silappae
Buttungeng manenggiButungeng manenggi
Dua gunung bagaikan berdampingan,
Bunda Logo (2x)
Yang manakah lagi yang kita tempati
Untuk melabuhkan kenangan indah (2x)
Kenanganmu bagaikan setinggi gunung,
Bunda Logo (2x)
Tutur sapamu walau hanya sepatah
Meruntuhkan segalanya (2x)

6.      Tarian Adat Bugis

Tarian Tradisional Indonesia - Tari Bosara ini menyerupai dengan tari piring, lantaran terkecuali memakai baju khas tari Bosara, juga tidak bisa ketinggalan beberapa penari membawa piring khas sulawesi selatan yakni Bosara. Tarian ini mengambarkan perihal pemberian jamuan pada tamu, juga sebagai sinyal syukuran atas rezeki serta penghormatan pada tamu. Pada zaman dulu tarian ini kerap ditarikan untuk menjamu raja, menyongsong tamu agung, pesta kebiasaan, serta pesta perkawinan. Berikut ini koleksi foto tari bosara sulawesi selatan

0 Response to "SUKU BUGIS"

close
disini bro
close
disini bro